Photobucket

Diposting oleh gaya-kosmo | 19.32

Perhatikan ulama ditempat anda yg hampir tidak pernah meninggalkan SHOLAT 5 waktu di masjid, dan RAJIN PUASA sunnah. Mereka begitu sehat dan awet muda. Kalaupun mereka sakit jarang sekali terkena stroke, jantung darah tinggi, diabetes ataw penyakit2 AMPUH yg berpotensi mematikan. Semua itu tidak lain disebabkan karena ketenangan bathin dan gerakan olah raga terbaik yakni SHOLAT serta puasa.

Anda pasti tau bahwa PERINTAH SHOLAT adalah perintah JEMPUTAN yang langsung dari ALLAH kepada junjungan kita ketika Isra-Mi'raj. Trainiing sholat ini bukan dimuka bumi melainkan ditempat yang Maha Tinggi di SISI ALLAH yaitu ARSY ..subhanallah!!!.

Pernahkah kita terfikir setelah setiap kali mendirikan solat berserta syarat rukunnya..? Dan bagaimanakah rukun solat yg paling disukai oleh Allah SWT.
Dengan menyelami, memahami, menjiwai serta menghayati setiap detik ibadah atau gerak solat yg dikerjakan barulah kita akan mendapat kemanisan dan faedah darinya. Barulah ibadah kita itu dapat mendinding dan mencegah diri kita dari dosa dan noda. Firman Allah SWT yg bermaksud: "Sesungguhnya sembahyang itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar" (QS. 29:45)

Segala rukun di dalam solat yg melibatkan qalbi (naluri), qauli (lisan) dan fi'li (perbuatan) mempunyai pengertian dan maksud yg sangat mendalam di sisi Allah SWT. Segala gerakan dalam solat sebenarnya syarat dengan hikmah dan pendidikan dari Allah SWT. Dan amalan atau rukun yg paling disukai oleh Allah ialah rukun SUJUD.

SUJUD adalah waktu di mana seorang hamba itu paling dekat dengan Penciptanya. Pergerakan sujud itu secara lahiriah menunjukkan "rasa penghambaan/merendahkan diri" seseorang pada sang Khaliq. Dalam keadaan ini adalah bentuk penyerahan diri, pasrah, berikrar dan mengaku bahwa "Ya Allah hanya Engkaulah Tuhan yg layak disembah, ditakuti, dicintai dan hanya pada-Mu sajalah tempat berserah dan memohon pertolongan".

Seorang sahabat Nabi SAW, Huzaifah r.a berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Tiadalah keadaan seorang hamba yg paling disukai oleh Allah daripada Dia melihat hambaNya itu di dalam keadaan bersujud, dengan meletakkan mukanya di tanah (sgb tamsil: tunduk, pasrah dan rasa hina seorang hamba kepada Allah)" . (HR. Imam Tabrani).

Firman Allah SWT yg bermaksud: "Sesungguhnya orang-orang yg beriman dengan ayat Kami ialah orang yg apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhan dan mereka tidak menyombongkan diri" (QS. 32:15).

Di dalam gerakan SUJUD tsb ada simbol dan hikmah yg harus difahami dan hayati. Yaitu bersama rata dan menancapnya tujuh anggota badan kita dengan bumi, pergerakan yg sepenuh jiwa, sepenuh rasa hina dan mengharap kepada Allah SWT dan penyerahan secara total seorang hamba terhadap Penciptanya dalam menerima serta mematuhi segala perintah dan larangan dari-Nya. Dan tentunya jangan sampai berlaku hanya di dalam solat saja kita sujud/tunduk, namun dalam setiap fikiran, langkah dan perbuatan sehari-hari.

Manakala tunduk meletakkan dahi ketika sujud hendaklah merasakan bahwa kita sedang menghambakan diri kepada suatu Zat Yang Maha Agung. Dengan sujud itu berarti telah mengingatkan dirinya terhadap awal dan asal kejadian manusia yaitu dari tanah serta mengembalikan dirinya kepada tanah. Apabila ia telah sanggup menghantar dahinya dan juga dirinya ke tempat yg hina maka tidak mungkin ia akan bersikap sombong lagi terhadap Allah yg menciptakan dirinya dari tanah itu.

Dengan demikian berarti sujud itu juga membimbing hati manusia bukan saja supaya mengingat akan asal kejadiannya tetapi juga akan dikembalikan ke tanah iaitu menemui ajal kematian. Maka setiap kali sujud sewajarnya seseorang itu senantiasa mengingati akan mati, apabila ia ingat akan mati maka terasa seolah-olah bahwa solatnya itu sebagai sholat penghabisan karena akan menghantarkan dirinya ke tanah. Ia merasakan bahwa setiap kali ia sujud seolah-olah ia tidak akan bangun lagi. Sedangkan kematian itu merupakan pintu bagi seseorang memasuki gerbang akhirat.
Dalam keadaan demikian maka hati akan merasa terenyuh dan merasakan kebesaran Allah dan ketika itulah akan khusuk hatinya untuk mensucikan Zat Yang Maha Tinggi seraya mengucapkan, "Subhana Rabbial- A'la wa-Bihamdih".

Sujud dan gerakan sholat bukan saja mendekatkan kita dengan Allah SWT namun dalam segi kesehatan terdapat faedahnya, antara lain:


1. Membetulkan buah pinggang yg sedikit keluar dari tempat asalnya.
2. Membetulkan pundi peranakan yg jatuh.
3. Melegakan sakit hernia.
4. Mengurangi sakit ketika haid.
5. Melegakan paru-paru dari ketegangan.
6. Mengurangi sakit pada apendiks atau limpa.
7. Meregangkan otot bahu, dada, leher, perut, punggung ketika akan sujud.
8. Gerakan otot-otot ini menjadikannya lebih kuat dan elastik, secara automatis memastikan kelancaran darah.
9. Bagi wanita gerakan otot ini menjadikan buah dadanya lebih baik dan mudah berfungsi untuk menyusukan bayi.
10. Gerakan bagian otot memudahkan wanita bersalin, organ peranakan mudah kembali ke tempat asal .
11. Mengurangi kegemukan.
12. Memperlancar aliran darah serta oksigen ke Otak manusia.


Selain itu sujud yg lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yg dapat menyembuhkan sakit kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekali gus menguatkan daya tahan tubuh (terutama ketika sujud waktu solat Subuh).

Baarakallaahu lakumaa wa baaraka 'alaikum
'May Allah swt shower His blessings upon you' Amin Sum'Aamin!
Wassalamu alaikum wa rahmatullah wabarakatuh

dari berbagai sumber

0 komentar